Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

WFH Jadi Budaya Baru, Bagaimana Memantau Waktu Kerja Karyawan?

Konsep work from home (wfh) sejatinya sudah kerap disebut sejak revolusi industri 4.0. Namun sejak pandemi melanda dunia termasuk Indonesia, sebagian besar perusahaan mempekerjakan karyawan dari rumah demi mencegah penularan COVID-19.

Setahun sudah berlalu, ternyata banyak perusahaan maupun karyawan lebih nyaman untuk bekerja dengan sistem wfh. Sistem kerja fleksibel dan pengurangan biaya operasional menjadi salah satu alasan kenapa wfh jadi kebiasaan baru yang patut dipertahankan.

Akan tetapi, demi keberlangsungan dan produktivitas yang tetap terjaga, perusahaan tetap memerlukan cara baru untuk memantau kerja karyawan wfh. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yaitu software attendance management for business solution dari Talenta.

Bagaimana software Talenta dapat membantu perusahaan Anda untuk memantau jam kerja karyawan saat wfh? Simak artikel berikut untuk lebih jelasnya.

Talenta, sebagai software attendance management, memungkinkan setiap karyawan untuk check in dan check out jam kerja dimana dan kapan saja, baik melalui laptop dengan berbasis web maupun melalui smartphone karyawan.

Sebagai pimpinan atau manajer, Anda pun dapat lebih mengetahui jam kerja setiap anggota tim dan bagaimana tim Anda menghabiskan waktu kerja sepanjang hari dengan bantuan fitur penugasan pada aplikasi.

Hal ini membuka jalur komunikasi, membantu manajer untuk memastikan karyawan menggunakan jam kerja atau memenuhi tugas mereka sehingga keefektifan tetap terjaga.

WFH Jadi Budaya Baru, Bagaimana Memantau Waktu Kerja Karyawan?

Anda sebagai manajer tak perlu lagi harus menunggu laporan dari spreadsheet atau harus video call setiap pagi dan pulang di sore hari. Selain mudah tercurangi, sistem manual tersebut sungguh memakan waktu.

Kini, saatnya Anda andalkan software attendance management for business solution yang memberi perusahaan fitur Employee Self Service, Time Tracking, dan berbasis GPS.

1. Employee Self Service


Tidak semua sistem employee self service dalam setiap software memberikan fitur yang sama. Namun, Talenta memberikan opsi untuk perusahaan dan karyawan sesuai fleksibilitas yang dibutuhkan untuk memantau waktu kerja secara otomatis, mengelola cuti dan lembur, menghasilkan laporan absensi otomatis, dan mudah digunakan untuk bagian tim manapun.

ESS dalam software menawarkan fitur-fitur tersebut guna memberi laporan yang lebih baik tentang bagaimana karyawan wfh berkontribusi pada operasional bisnis sehari-hari. Baik karyawan maupun perusahaan, sama-sama dapat melihat jam kerja, mengajukan dan menyetujui cuti lembur, dan melihat laporan absensi.

2. Time Tracking


Sistem di Talenta pun dapat memantau jam kerja karyawan di perusahaan Anda, sehingga tidak hanya karyawan full time, karyawan seperti part time, freelance, maupun intern dapat Anda kelola dan atur shift di Talenta.

Nantinya, sistem akan memberi Anda laporan mengenai total jam kerja karyawan dalam sebulan atau diatur sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Bahkan, sistem denda akibat keterlambatan pun dapat dikelola dengan mudah dan otomatis.

Terlebih ketika wfh, sebagian perusahaan sudah menerapkan fleksibilitas tinggi sehingga office hour tidak berlaku lagi. Selama karyawan absen dan kerja sesuai jam kerja minimal yang ditetapkan, selama pekerjaan sudah terpenuhi, maka karyawan tetap digaji seperti dahulu saat bekerja dari kantor.

3. GPS


GPS memungkinkan perusahaan Anda memberikan syarat kepada karyawan untuk memberi lokasi pasti saat karyawan melakukan absensi kedatangan maupun pulang. Hal ini karena tidak seluruh industri dapat bekerja 100% wfh.

Namun, dengan adanya sistem absensi yang menggunakan GPS, pimpinan yang diharuskan untuk bekerja dari rumah demi berkurangnya pekerja di kantor, tetap dapat memantau lokasi karyawan yang memang diperlukan untuk tetap ke kantor.

Termasuk bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang. Sistem GPS dapat memastikan bahwa setiap karyawan sudah berada di lokasi pada jam yang sudah ditetapkan, dan Anda dapat memantau dari mana saja dan kapan saja.

Kini, sistem kerja wfh yang menjadi budaya baru sudah tidak diragukan lagi. Karyawan dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi dan pekerjaan, perusahaan tetap mendapat produktivitas yang diinginkan.

Jika Anda masih ragu gunakan software attendance management, sila kunjungi website Talenta untuk melihat berbagai informasi atau hubungi sales Talenta agar dapat penawaran lebih lanjut.
Show Comments