Portal Belajar

Portalbelajar.com adalah sebuah blog yang berisi tentang bahasan informasi yang membangun minat para pembacanya.

Ketahui 5 Fakta Menarik Soal Sekolah Internasional

Portalbelajar.com - Sebenarnya, faktor apa saja sih yang membuat sekolah internasional banyak dipilih orang tua? Terlepas dari faktor dorongan gaya hidup maupun tren, sekolah internasional nyatanya punya berbagai fakta menarik yang menjadikannya salah satu institusi pendidikan terbaik.

5 Fakta Menarik Soal Sekolah Internasional


5 Fakta Menarik Soal Sekolah Internasional

Ingin tahu apa saja fakta menarik serta kelebihan sekolah internasional? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Punya sarana dan fasilitas terbaik


Meski perlu mengeluarkan biaya lebih ekstra, sekolah internasional nyatanya memiliki sarana dan fasilitas yang berkualitas. Bisa jadi, beberapa fasilitas tak akan ada dapati dan temukan di sekolah lokal. Jadi, tak perlu khawatir biaya yang Anda gunakan sia-sia begitu saja.

Mulai dari ruang kelas, area bermain, ruang lab, lapangan olahraga, hingga kolam renang bisa anak-anak manfaatkan selama mengenyam pendidikan di sekolah internasional.

2. Tidak hanya terfokus akademik


Bisa dikatakan bahwa kurikulum Indonesia cukup terpaku pada sisi akademis siswa, padahal setiap anak memiliki minat dan potensi yang berbeda-beda. Agar masing-masing anak dapat mengembangkan potensinya tentu diperlukan wadah yang memfasilitasinya.

Hal tersebut bisa Anda dapatkan di sekolah internasional, di mana pengajar tak hanya fokus pada akademis namun juga melihat sisi unik setiap anak. Sekolah internasional biasanya juga fokus membangun kreativitas, kepemimpinan, serta mendorong sikap eksploratif setiap anak. Dengan begitu, anak lebih siap di dunia nyata selepas dari sekolah.

3. Tetap mempertahankan nilai dan budaya lokal


Beberapa orang tua mungkin khawatir saat anak bersekolah internasional akan memudarkan norma, nilai, dan budaya lokal. Hal tersebut tak perlu lagi Anda jadikan hambatan karena beberapa sekolah internasional tetap mempertahankan sistem nilai budaya lokal.

Pasalnya, beberapa norma dan nilai budaya lokal pun baik untuk masa depan anak. Seperti penanaman keharmonisan sosial, ketertiban, serta rasa hormat adalah beberapa sikap yang tetap perlu dimiliki oleh setiap anak.

4. Menggunakan metode pembelajaran terpadu


Ini adalah faktor yang paling membedakan sekolah internasional dengan institusi pendidikan lainnya, di mana sistem pembelajaran menggunakan kurikulum internasional.

Salah satu sekolah internasional yang menggunakan kurikulum terbaik serta metode berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Math) adalah Sampoerna Academy. Melalui metode tersebut, anak akan dipersiapkan dari sisi akademis maupun pengembangan karakter.

Melalui kurikulum ini, anak juga akan terus dilibatkan pada setiap bidang khususnya yang diminati. Pada akhirnya, akan dihasilkan anak yang mampu memiliki kreativitas, pemikiran kritis, hingga kemampuan berkomunikasi dan kolaborasi yang baik.

5. Terkoneksi langsung dengan universitas luar negeri ternama


Jika salah satu tujuan memilih sekolah internasional adalah untuk melanjutkan jenjang pendidikan di luar negeri, maka Anda sudah di jalur yang tepat. Selain mempersiapkan siswanya melalui kemampuan bahasa dan akademis, sekolah internasional biasanya juga memiliki koneksi langsung dengan beberapa universitas luar negeri ternama.

Khusus Sampoerna Academy, institusi mempersiapkan siswa untuk masuk ke jenjang tersier seperti Sampoerna University. Tak tanggung-tanggung, universitas internasional tersebut pun mampu memberikan siswa akses ke lebih dari 1000 universitas di Amerika Serikat. Bisa menjadi jalur yang tepat untuk anak, bukan?

Nah, itulah beberapa fakta menarik serta kelebihan sekolah internasional. Semakin yakin untuk memilih sekolah internasional untuk anak? Beberapa kelebihan tersebut tentu bisa Anda dapatkan di Sampoerna Academy. Kalau begitu, semangat menentukan pendidikan untuk si kecil. Tentunya, tetap pastikan anak menyukai sekolah yang akan dipilih ya.
Show Comments